Minggu, 27 September 2009

Kunjungan ke panti asuhan

Kali ini tujuan kunjungan kami selanjutnya adalah ke sebuah panti asuhan di daerah Namorambe yang bernama Panti Asuhan Cinta Kasih Anak Bangsa. Kunjungan kali ini merupakan ide yang dilontarkan oleh pembina kami yaitu Bapak Sokfin Chandra. Kami tentunya sangat antusias dengan ide ini mengingat inilah pertama kalinya OIC akan melakukan kunjungan sosial tak lama setelah OIC dibentuk.

Panti asuhan ini dikelola oleh beberapa orang pengurus, dan kebetulan pada saat kami datang, penghuni panti asuhan tersebut adalah anak-anak yang berasal dari pedalaman Nias yang terisolir dan dibawa ke panti asuhan tersebut untuk mendapatkan pendidikan yang lebih layak di kota Medan. Karena mereka (baca: penghuni panti asuhan) juga belum begitu lama berada di kota Medan, dan berasal dari daerah terisolir di pulau Nias, mereka masih belum begitu fasih berbahasa Indonesia.

Kedatangan kami waktu itu disambut dengan acara nyanyi-nyanyian yang ditampilkan anak-anak penghuni panti tersebut dan salah satu pengelola panti, dan diiringi dengan musik yang dimainkan berdua oleh pengelola panti yang lain. Sebenarnya kedatangan kami waktu itu salah memilih waktu karena ternyata waktu kedatangan kami sebenarnya merupakan waktu tidur siang anak-anak tersebut, jadi tidak heran kalau mereka kebanyakan berparas mengantuk karena waktu tidurnya terganggu dan kami juga merasa tidak enak untuk berlama-lama di sana karena sudah mengganggu waktu tidur anak-anak tersebut, sekalipun anak-anak tersebut masih sangat antusias dengan kedatangan kami.

Akhirnya 2 orang perwakilan dari kelas kami memberikan semangat dan motivasi untuk anak-anak tersebut untuk meraih impian mereka dan jangan cepat menyerah hanya dikarenakan oleh sebuah kerikil.

Tak lama kemudian, saatnya perpisahan, karena keadaan cuaca yang sudah mulai tidak mendukung (keadaan saat itu mendung yang sangat gelap), namun kami sempatkan untuk mengunjungi rumah salah satu anggota yang kebetulan satu kompleks dengan panti asuhan tersebut untuk beristirahat sejenak, dan tak lama kemudian, kami kembali ke rumah masing-masing, beberapa di antara anggota masih ada yang ingin melanjutkan acara jalan-jalan ke tempat lain karena sebenarnya hari itu bertepatan dengan hari libur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar